Sabtu, 26 November 2011

Pernikahan Sederhana Anak Ahmadinejad

Saat itu hari Rabu malam ketika ponsel saya berdering dan saya diundang ke upacara pernikahan teman baik saya, Alireza, yang berlangsung pada malam berikutnya.

Aku tahu bahwa selama Ghadir Idul Fitri [hari libur Islam] keluarga itu pergi ke Beyt [istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada kantor Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei] dan dia telah kawin dengan kemenakan martir Kaveh [tentara Iran , Pengawal Revolusi, dan anggota Basij yang tewas dalam perang dengan Irak secara rutin disebut sebagai] martir.


Pada Kamis malam pukul 9 malam saya pergi ke klub budaya kantor kepresidenan. Di luar klub, semuanya sangat normal yang saya pikir saya mungkin telah datang ke tempat yang salah.

Rasanya disana tidak seperti perhelatan pernikahan putra presiden. Aku memasuki kebun dan menyadari bahwa aku harus menyerahkan ponsel saya.

Sekelompok orang berbaris untuk menyampaikan doa pertama mereka. Aku memasuki aula. Sejumlah meja tampak kosong yang disediakan untuk tamu-tamu duduk di sana yang saat itu telah pergi untuk berdoa.

Buah dan kue, sebotol air mineral, beberapa piring dan pisau semua telah ditata di meja untuk para tamu.

Saya bertanya tentang "doktor." ["Doktor" adalah sebutan para pendukung Ahmadinejad atas gelar Ph.D yang diperolehnya di bidang teknik sipil dan manajemen lalu lintas transportasi]

Aku diberitahu bahwa ia sedang berdoa di back court.

Karena kurangnya ruang, beberapa tamu telah pergi ke back court. Saya berdoa dengan [pembantu presiden senior] Mojtaba Samareh Hashemi. Lalu aku kembali ke aula.

Sang Doktor sedang duduk di meja pertama di sebelah ayah dari pengantin wanita. Setelah salam hangat dengan dia dan beberapa pejabat lain, saya duduk di salah satu meja.

Pengantin pria memasuki aula. Ia menyapa setiap tamu dan duduk di samping doktor dan [ayah dari pengantin perempuan] Haji Agha Akbari.

Kepala klub, Mr Kheirkhah, mengatakan kepada saya betapa sang doktor memberi perhatian terhadap rincian resepsi.

Dia mengatakan kepada saya bahwa ia telah memerintahkan hanya satu jenis makanan dan bahwa dia telah membayar 3,5 juta toman [sekitar $ 3.500] untuk biaya resepsi. (Jika di-Rupiahkan dengan asumsi 9.800.- per-dollar AS, maka hanya sejumlah Rp. 34.300.000.- - Pen)

Dia mengatakan jumlah tamu laki-laki adalah 180. Melihat sekeliling, saya melihat sangat sedikit pejabat negara. Saya pernah menghadiri pernikahan pejabat publik sebelumnya dan bukan hanya menjadi pengeluaran mewah tetapi juga banyak menteri dan pejabat negara yang hadir.

Mungkin aku mengharapkan pejabat telah berbaris di sana malam itu dengan 1.000 tamu.

Tapi apa yang benar-benar saya lihat adalah kesedrhanaan, resepsi yang sederhana. Ini adalah resepsi rakyat, karena ayah dari pengantin pria adalah salah seorang dari rakyat.

Kesederhanaan terasa dimana-mana di pesta itu. Hal ini terbukti dari cara menjamu tamunya. Hal ini juga bisa dilihat mobil yang digunakan untuk mengangkut pengantin dan [pernikahan], perjamuan yang sederhana namun lezat dan harum.

Pembawa acara di resepsi mencolek Alireza atas subsidi dan 1 juta toman yang akan diterima anak-anak masa depannya, yang membuat tersenyum sang doktor.

Upacara berakhir; sang doktor dan ayah pengantin wanita berdiri di depan pintu gerbang untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para tamu.

Sangat menarik untuk melihat bagaimana sang doktor berurusan dengan anak-anak usia 7 - 8 tahun yang berteriak "Paman Paman!" padanya. Dia akan memberi mereka pelukan dan memperlakukan mereka dengan baik.

Semua orang berlalu dan sang doktor pergi ke dapur untuk berterima kasih kepada mereka yang telah bekerja di resepsi.

Ketika semua orang telah pergi, pengantin masuk ke mobil mereka tanpa formalitas tambahan dan pulang ke rumah bersama keluarga mereka.

Saya mengirim ucapan selamat kepada teman baik saya Alireza, sang doktor, keluarga yang terhormat, dan juga keluarga martir besar Mahmoud Kaveh. Semoga mereka memiliki kehidupan yang baik di bawah bayang-bayang Imam yang Tersembunyi.

Diterjemahkan dari : http://www.rferl.org/content/the_simple_simple_wedding_of_ahmadinejads_son/24246585.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar